Tags

Pengetahuan ttg Diet Berdasar Golongan Darah

Sejarahnya.. Dr. Peter J. D’Adamo seorang naturopatis dari Stamford, Connecticut, Amerika Serikat, pada tahun 1996 yang memperkenalkan diet cara baru berdasarkan sejarah evolusi, khususnya yang berkaitan dengan perbedaan golongan darah (O, A, B, dan AB).. Dalam bukunya “Eat Right For Your Type”, Dr. D’Adamo menyebutkan bahwa manusia yang memiliki tipe darah berbeda pasti memiliki respon atau tanggapan terhadap makanan yang berbeda pula. Walau masih kontroversi, apa salahnya demi pola hidup sehat kita coba, semoga bermanfaat…..

GOLONGAN DARAH O. Berdasarkan sejarah evolusi, nenek moyang kita memiliki tipe darah yang sama yakni O, tipe pemburu sejati, setiap hari makanan pokoknya daging. Golongan darah O adalah golongan darah paling tua dalam sejarah manusia.

Tipe golongan darah O, memiliki ciri khas sebagai berikut :

  • Memiliki sistem kekebalan tubuh paling tinggi dibanding tipe golongan darah lain
  • Respon yang paling baik terhadap stress biasanya dengan melakukan aktivitas fisik
  • Diet untuk golongan darah O dengan mengasup lebih banyak daging. Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat, seperti daging, buah, ikan, sayuran.
  • Tingkah Laku : Berenergi & tidak mudah putus asa
  • Masalah yang dihadapi : Rentan terkena penyakit yang disebabkan oleh radang dan kerusakan organ seperti arthritis bila asupan makanan tidak sesuai, kencing manis, bermasalah dengan usus & pencernaannya serta mudah kena sakit perut, peredaran darah kurang baik, sakit pinggang dan belakang, kegemukan, kadar kolesterol yang tinggi, tekanan darah tinggi, kadar asam urat tinggi, penyakit kanker, gout, penyakit jantung, penyumbatan arteri, dan yang paling gampang digigit nyamuk..
  • Olahraga yang cocok dilakukan Golongan Darah O : adalah aerobic.
  • Sifatnya secara umum adalah : Berjiwa besar, sportif, supel, mudah beradaptasi dengan lingkungan. Gayanya yang flamboyan seringkali membuatnya terlambat jika berjanji, gampang memutuskan sesuatu, sulit mengalah tapi mudah memaafkan, bisa dipercaya, hanya menabung jika menguntungkannya, jagonya olah raga, menurut penelitian yang paling banyak meraih Medali di Olimpiade Olah Raga dari golongan darah O, dan bahkan yang paling banyak jadi direktur. Usianya paling panjang karena sifatnya yang tidak gampang stress dan antibody-nya paling mantap, ingatannya pun paling kuat, sebagai teman juga paling disukai karena sportif , namun paling mudah gemuk karena kesukaanya pada protein hewani (meat lover gitulah..), serta nafsu makannya yang besar, dan makannya cepat. Golongan darah O juga paling cepat botak, mungkin karena rasa kantuknya datang hanya kalau sedang capek dan tidak ada kerjaan, baru tidur jika bener-bener capek dan membutuhkan. Makan apa saja enak atau gak enak…. Yang jadi Perdana Menteri Jepang rata-rata orang dengan golongan darah O, karena jiwa kepemimpinannya yang tinggi dan senang memecahkan masalah.
  • Bagaimana agar tetap sehat ??? Karena daya konsentrasinya yang tinggi, maka perlu juga dikontrol agar tidak terlalu tegang, bersantailah dan jalan-jalan.
  • Makanan yang sangat bermanfaat (makanan yang beraksi sebagai obat) : sayuran hijau seperti bayam, sawi hijau, kangkung, brokoli, ubi, waluh, selada, ganggang laut, lobak cina, blueberry, stawbery, nanas, papaya, cerry, jambu biji, kacang polong, kacang merah, semua jenis bawang, rumput laut, jahe, kailan, kunyit, daging (sapi, kerbau, rusa, domba)
  • Makanan yang netral (makanan yang beraksi sebagai makanan) : ikan mas, belut, lobster, ikan tuna, ikan sardine, udang, telur ayam, telur bebek, mentega, kacang (hitam, merah, kedelai), buncis, tempe, tahu, susu kedelai, bubur gandum, beras, kue beras, roti beras, tepung gandum, terong, tomat, wortel, labu, daging ( ayam, bebek, dan kambing, angsa, kalkun, kelinci).
  • Makanan yang dihindari (makanan yang beraksi sebagai racun) : sereal, mustard, berbagai jenis pasta/mie dan nasi, daging babi, cumi, sotong, kerang, telur angsa, telur puyuh, es krim, keju, susu sapi, yoghurt (semua jenis), minyak kelapa, penyu, minyak jagung, jagung, kol merah, kubis hijau/putih, kacang tanah, kacang mede, kuaci, kentang, mentimun, kembang kol, jamur, blewah, jeruk mandarin, pisang raja, pare, anggur putih, kecap, kopi, minuman keras.

GOLONGAN DARAH A. Ketika gaya hidup manusia berubah dari pemburu menjadi agraris yang menjalankan aktifitas pertanian, tinggal menetap dan tidak lagi suka berperang muncullah tipe darah A, sebagai penyesuaian atas kebiasaan yang ada.

Tipe golongan darah A memiliki ciri khas sebagai berikut :

  • Sistem kekebalan tubuhnya tidak sekuat tipe O.
  • Respon yang paling baik terhadap stres biasanya dengan melakukan meditasi.
  • Olahraga yang cocok dilakukan : yoga, taichi, meditasi
  • Masalah yang dihadapi : Hilang kesabaran diri atau cepat marah, mudah terjangkit Flu/Demam/Batuk/Pilek karena rentan & lemah terhadap virus, rembesan sebum berlebihan, penyakit jantung dan masalah saluran darah, kanker dan ulser, gaster, kegemukan.
  • Diet yang dianjurkan adalah makanan tinggi karbohidrat dan rendah lemak, karena jalur pencernaan yang cukup sensitif . Sangat cocok menjadi vegetarian.
  • Tingkah Laku : Bertanggung jawab, dan romantis
  • Sifatnya secara umum : terorganisir, konsisten, jiwa kerja-samanya tinggi, akurat & matematis, taat hukum namun paling sering mengalami kecelakaan lalu lintas. Mereka sangat perfeksionis, sehingga selalu cemas dan suka meributkan hal-hal yang detil, paling sulit mentolerir kesalahan orang lain, jiwa narsisme-nya juga tinggi, hemat, paling gemar menabung dengan selalu menghitungkan bunga bank, daya ingat lumayan kuat, dan  usianya cukup panjang karena selalu hidup teratur. Pola hidup seimbang 4 sehat 5 sempurna, makan apa yang ada di piring saja, tidur sesuai aturan 8 jam sehari, namun paling rentan terhadap penyakit menular karena virus. Golongan darah A paling bisa dipercaya karena selau tepat waktu. Orang-orang dengan golongan darah A paling cocok jadi MC, banyak juga yang menjadi pemimpin karena ketelitiannya dan sifat perfeksionis nya.
  • Bagaimana menjaga agar tetap sehat ?? Karena terlalu perfeksionis, lebih baik sekali-sekali santai, jangan terlalu tegang dan serius terus, supaya tidak cepat botak, karena orang dengan golongan darah A paling mudah terkena penyakit Stress.
  • Makanan yang sangat bermanfaat (makanan yang beraksi sebagai obat) : bayam, brokoli, wortel, jamur ikan mas, kacang tanah, kacang buncis, kacang kedelai / susu kedelai, tahu, tempe, tepung beras, blueberry, minyak zaitun, ikan mas, ikan sardine, ( jus nanas, mangga, pisang, jeruk limau & sitrun)
  • Makanan yang netral (makanan yang beraksi sebagai makanan) : ikan tuna, telur ayam, telur bebek, telur puyuh, biji wijen, biji bunga matahari, kacang arcis / kapri, jagung, tapioca, roti gandum, labu, bawang merah, mentimun, talas, anggur, melon, blewah, pir, delima, kiwi, kurma, stroberi, kesemek, jambu biji, daging (ayam, burung unta, belibis kalkun, burung dara).
  • Makanan yang dihindari (makanan yang beraksi sebagai racun): produk susu, daging (sapi, kerbau, domba, bebek, angsa, kelinci, ayam hutan), lobster, gurita, kepiting, belut, kodok, udang, cumi, mentega, susu sapi, keju, es krim, susu murni, acar, terong, tomat, ubi, kentang, jeruk manis, kelapa/santan, madu, pisang raja, pepaya, pare, air soda.

GOLONGAN DARAH B. Akibat percampuran dari berbagai ras dan terjadinya migrasi dari Afrika ke Eropa, Asia, dan Amerika, tipe darah B muncul yang tumbuh dan berkembang melalui apa yang telah disediakan oleh dunia hewan dan tumbuhan.

Tipe golongan darah B memiliki ciri khas sebagai berikut :

  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, dan merupakan type darah yang paling seimbang. Kuncinya adalah keseimbangan antara dunia hewan dan tumbuhan.
  • Disarankan agar menghindari makanan beku & kalengan. Tipe darah ini sangat cocok dengan asupan produk susu. Juga dianjurkan untuk melakukan diet dengan berbagai variasi dari semua tipe darah termasuk di dalamnya daging
  • Olahraga yang cocok dilakukan renang, tenis, meditasi dan jalan kaki.
  • Bila makanan yang diasup tidak sesuai dengan tipe ini, diduga risiko terkena virus yang bisa menyerang sistem saraf sangat tinggi
  • Respon yang paling baik terhadap stres biasanya dengan melakukan melakukan pekerjaan yang membutuhkan kreativitas dan hobi
  • Tingkah Laku : Mudah beradaptasi, dan analitikal.
  • Masalah yang dihadapi : Kerusakan system syaraf, kesulitan untuk tidur berkualitas, lemah terhadap virus influenza, paru-paru, sakit kepala dan migren, penyakit hati dan saluran empedu, masalah haid, sakit tulang belakang, kegemukan, penyakit jantung .
  • Sifatnya secara umum adalah : Santai, easy going, tak terpengaruh tekanan dari sekitar, bebas dan paling menikmati hidup. Cenderung pelupa, jangan heran jika mereka yang paling mudah tersesat, dan yang paling nyebelin, jika berjanji karena paling telat & molor saking santainya, namun tetap bisa dipercaya. Mudah mentolelir kesalahan orang lain, karena jiwanya yang easy going, tapi juga gampang menuduh. Berteman tergantung mood, sehingga terkesan egois, semaunya sendiri. Hampir seluruh atlet judo, perenang dan pegulat Jepang bergolongan darah B. Karena siftanya yang easy going, paling pandai mentolerir dan mencari kompensasi bila stress, tapi juga ada yang cepat botak dan obesitas karena suka makan enak dan makannya lama. Pola makan, dan tidur tidak pernah teratur. Bila kantuk datang, sambil berdiripun bisa tertidur. Menu yang disukainya adalah makanan berkuah, seperti sup, soto, bakso dll. Golongan tipe darah B umumnya hanya menabung kalau punya uang banyak. Sifatnya yang sensitif dan mudah mengambil keputusan banyak pula yang menjadikannya pemimpin. Mahasiswa Tokyo University pada umumnya bergolongan darah : B
  • Bagaimana menjaga agar tetap sehat??? Karena terlalu susah berkonsentrasi, sekali-kali perlu serius dikit. Misalnya melakukan meditasi atau main catur..
  • Makanan yang sangat bermanfaat (makanan yang beraksi sebagai obat) : semangka, nanas, anggur hijau, jeruk lemon, selada, bokcoi, , jahe, ikan laut, susu sapi, keju, bubur gandum/havermot, roti essene, kue beras, brokoli, ubi, wortel, kembang kol, terong, teh hijau, daging kambing, daging domba, daging kelinci, daging rusa.
  • Makanan yang netral (makanan yang beraksi sebagai makanan) : cumi, ikan mas, ikan tuna, mentega, keju, telur ayam, kacang merah, kacang buncis, tepung beras, roti beras, bayam, mentimun, labu, kentang, sawi, mangga, melon, jeruk, pir, kurma, jambu biji, daging sapi , kerbau, kalkun, hati anak sapi.
  • Makanan yang dihindari (makanan yang beraksi sebagai racun) : daging (ayam, babi, bebek, angsa, belibis, kuda) keong, kepiting, siput, belut, lobster, es krim, telur (bebek, angsa, puyuh), kacang tanah, roti gandum, tomat, waluh, jagung muda, alpokat, pare, delima, kelapa/santan, kesemek, belimbing, pir, air soda, minuman beralkohol.

GOLONGAN DARAH AB. Golongan darah AB merupakan golongan darah yang paling modern dan berusia kurang dari 1.000 tahun, masih dalam tahap evolusi dan jarang (hanya 5 % dari jumlah populasi), serta bersifat kompleks secara biologis. Karena anda membawa anti gen A dan B.

Tipe golongan darah AB memiliki ciri khas sebagai berikut :

  • Memiliki jalur pencernaan yang sensitif dan sistem kekebalan tubuh yang sangat toleran
  • Respon yang paling baik terhadap stress biasanya dengan melakukan kegiatan spiritual dibarengi dengan aktivitas fisik dan kreativitas.
  • Paling mampu beradaptasi terhadap perubahan lingkungan
  • Diet : Dapat menyesuaikan diri dengan berbagai jenis makanan atau bentuk diet apapun
  • Masalah yang dihadapi : Gampang Flu/Demam/Batuk/Pilek karena lemah terhadap kebersihan, perut kembung, dan masalah saluran darah, kanker, kesulitan tidur berkualitas namun jika lagi mood, tidur adalah segalanya, sakit sendi dan tulang, serangan jantung dan mudah kaget serta mudah kena anoreksia
  • Olahraga yang cocok dilakukan : adalah olahraga di pagi hari.
  • Tingkah Laku : Cerdik, dan penyabar
  • Sifatnya secara umum adalah : Unik, cuek, kreatif dan banyak akal bahkan hampir tidak pernah mengalami kecelakaan lalu lintas, namun tidak pandai mengolah stress, tapi juga tidak cepat botak lho… Kadang berkepribadian ganda, entah karena sifatnya yang mudah ganti mood.atau sering ganti-ganti program. Maping cognitifnya nya sangat kuat sehingga tidak pernah tersesat kalau dijalan, suka mengambil resiko, tidak suka olah raga, tidak mudah obesitas karena makan tergantung mood, pola tidur & makannya juga amburadul walaupun hobi mencicipi semua masakan.
  • Bagaimana agar tetap sehat ??? Karena gampang lelah, maka perlu cari kegiatan yang menyenangkan, fun, yang bisa membuat anda merasa lega dan puas
  • Makanan yang sangat Bermanfaat (makanan yang beraksi sebagai obat) : Ikan sardin, ikan tuna, susu kambing, putih telur ayam, keju ricotta, krim asam (rendah kalori), teh-hijau, anggur merah, daging (domba, kelinci, kalkun), semangka, blue bery, plum
  • Makanan Netral (makanan yang beraksi sebagai makanan) : Cumi-cumi, ikan mas, ikan tuna, mentega, keju, telur ayam, kacang merah, kacang buncis, tepung beras, roti beras, bayam, brokoli, selada, mentimun, labu, kentang, sawi, mangga, melon, jeruk, pir, kurma, jambu biji, daging burung unta,
  • Makanan yang harus dihindari (makanan yang beraksi sebagai racun) : daging (sapi, kerbau, ayam, bebek, angsa, babi, rusa, kuda), lobster, kepiting, kodok, es krim, telor bebek, kacang hitam, acar, jagung, belimbing, delima, pare, pisang, kelapa, kesemek, saus tomat, kopi, soda, minuman beralkohol.

(Diringkas oleh : NS, sebagai pengetahuan ibu-ibu khususnya anggota Krida Bhakti Wanita Akprind yang tidak sempat browsing ataupun meringkas, semoga bermanfaat)

Sumber : 1).http://www.jajanan.com/node/4048  2). http://www.kompas.co.id/  3). http://cebret.co.cc/

7 comments to Pengetahuan ttg Diet Berdasar Golongan Darah

  • nisya

    artikel ini bagus menurut saya menmbah pengetahuan tentang diet berdasarkan golongan drah.

  • Thanks nisya for visiting our blog, at least we have awareness about it, pls also read others for yr info

  • LuyFan

    apa itu gliserida??? dan apa hubungannya dengan diabetes ? tolong donk penjelasannya!!!

  • Dear Luy Fan, tahnks for visiting our blog. Gliserida adalah salah satu komponen lemak dalam darah. Secara tidak langsung memang tidak ada hubungannya dengan DM, namun jika komponen lemak tsb jumlahnya tinggi sekali (abnormal), maka akan mempengaruhi kesembuhan DM itu sendiri. Semoga menjawab n May God Bless U

  • kiki

    maaf diet golongan darah ini adalah HOAX dan sudah dibuktikan bahwa ini adalah suato kebohongan. Pls seacrhing again…

  • terimakasih tentang pendapat anda mbak kiki.. We’ll search again, at least we have references whether to follow it or not..

  • Learned about

    Found tart cherry juice concentrate from my nurse for my arthritis pain. I started getting some a few day back and I feel great. I also got free shipping from Fruit Advantage

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>