Tags

Pentingnya YODIUM bagi kehidupan

13 PESAN PEDOMAN UMUM GIZI SEIMBANG, ANTARA LAIN :

  1. Makanlah makanan untuk mencukupi Energi
  2. Makanlah makanan sumber Karbohidrat ½ dari kebutuhan Energi
  3. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai ¼ dari kecukupan Energi
  4. Makanlah aneka ragam makanan
  5. Gunakan Garam Beryodium
  6. Makanlah makanan sumber zat besi
  7. Berikan ASI saja sampai bayi ber-umur 6 bln
  8. Biasakan makan pagi
  9. Minumlah air bersih dan aman yang cukup jumlahnya
  10. Lakukan kegiatan fisik dan Olah Raga secara teratur
  11. Hindari minum minuman beralkohol
  12. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan
  13. Baca label makanan yang dikemas

APAKAH YODIUM ITU ??

Yodium adalah merupakan zat gizi yang penting bagi kehidupan manusia, terutama untuk pertumbuhan dan kecerdasan

MENGAPA DIPERLUKAN GARAM YODIUM ??

Manusia atau ternak memerlukan yodium untuk pembentukan hormon Tiroksin. Hormon Tiroksin mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses metabolisme tubuh.

BERAPAKAH KEBUTUHAN YODIUM BAGI TUBUH MANUSIA ??

Ø Kebutuhan rata-rata perhari + 1-2 mikro gram / berat badan ( Kg)

Ø Untuk Anak Sampai Umur 10 thn dibutuhkan garam beryodium1/3 – ½ Sdt perhari

Ø Bagi orang dewasa garam beryodium 2/3 Sdt perhari

APA AKIBAT KEKURANGAN YODIUM ??

Apabila tubuh kekurangan Yodium secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan masalah gizi yang disebut dengan Gangguan Akibat Kekurangan Yodium ( GAKY). Menurut Penelitian GAKY dapat menyebabkan penurunan Intellegence Quotient ( IQ) sebesar 5 – 10 Point dibawah normal. Pada Ibu hamil yg kekurangan Yodium akan mengakibatkan bayi yang dilahirkan mengalami kegagalan tumbuh kembang.

APA AKIBAT KEKURANGAN YODIUM PADA MASA KANAK-KANAK ??

Ø Gangguan Sistem Otot

Ø Perkembangan syaraf terhambat

Ø Gangguan Bicara ( Gagap )

Ø Kegagalan pertumbuhan

Ø Penurunan IQ

Ø Gondok

APA AKIBAT KEKURANGAN YODIUM PADA ORANG DEWASA ??

Ø Produktivitas menurun

Ø Cepat lelah

Ø Gondok

BAGAIMANA CARA MENCEGAH GAKY ??

Ø Mengkonsomsi makanan yg mengandung Yodium (misalnya rumput laut, ikan laut, kerang, kepiting)

Ø Mengurangi konsumsi makanan yang bersifat Goiterogenik atau zat yang mengganggu penyerapan Yodium misalnya kobis, singkong.

Ø Mengkonsumsi garam ber-yodium yang memenuhi syarat (30 ppm - 80 ppm ) secara teratur

BAGAIMANA CARA PENGGUNAAN GARAM BERYODIUM YANG BENAR ??

Ø Jangan mencampur garam ber-yodium dengan bumbu masakan ( seperti cabai, merica, bawang ) pada awal proses memasak karena menurunkan kandungan yodium.

Ø Masukan garam ber-yodium sesaat sebelum selesai memasak

Ø Sediakan dan pakailah garam meja / garam halus ber-yodium.

BAGAIMANA CARA MENYIMPAN GARAM BER-YODIUM ??

Ø Gunakan tempat tertutup

Ø Hindari tempat yang lembab atau basah

Ø Hindari tempat yang kena panas api atau cahaya matahari langsung

Ø Gunakan sendok bersih dan kering untuk mengambil garam

Ø Tutup kembali yang rapat setelah penggunaan

SIAPA YANG RAWAN TERKENA GAKY ??

  1. Ibu Hamil
  2. Ibu Menyusui
  3. Bayi dan Anak balita
  4. Anak-anak sekolah
  5. Wanita usia subur

%%%%%%%%%%

Yogyakarta 25 April 2009, ditulis oleh drg. Sukarni Prastyono (anggota KBWA),  ditujukan terutama bagi ibu-ibu anggota Krida Bhakti Wanita Akprind-Yogyakarta lainnya. Semoga bermanfaat….

2 comments to Pentingnya YODIUM bagi kehidupan

  • aiyuk

    saya ingin tahu efek kekurangan yodium pada ibu hamil dapatkah anda memberikan data atau info mengenai hal tersebut.

  • lisa

    saya pengen tahu dengan jelas dan pasti tentang bagaimana proses penyerapan iodium dalam tubuh dan bagaimana prosesgangguan penyerapanny dlam tubuh jika dikonsumsi bersamaan dengan jenis makana goiterogenik? saya sdah cari, tapi sejauh mata memandang dan mencari saya belum menemukannya.
    thax so much. GB

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>