Tags

Sumber makanan terbaik untuk “ Awet Muda “

Penampilan cantik erat kaitannya dengan kulit. Salah satu masalah yang berkaitan dengan kulit yaitu penuaan dini. Pada proses penuaan, kulit terlihat menjadi kering, kasar, kendur, terdapat bercak-bercak, timbul lipatan pada leher, berkerut, dan garis-garis ketuaan di wajah. Kulit kering dan kasar tersebut disebabkan adanya kemunduran fungsi produksi kelenjar lemak kulit yang berkaitan dengan penurunan kadar hormon. Sedangkan kulit keriput karena defisitnya jumlah serat kolagen pada lapisan dalam kulit. Berikut ini saya rangkum beberapa sumber makanan “Super” sumber kolagen, vitamin C, vitamin E, antioksidan, dan vitamin lain yang berperan dalam pembentukan kolagen yaitu jaringan yang menyangga kulit, guna mencegah terjadinya penuaan dini.

1. Jeruk. Obat paling manis. Ambil 2-4 jeruk seharinya, ini dapat menjauhkan dari flu, menurunkan kolesterol, mencegah dan melarutkan batu ginjal seperti halnya mengurangi resiko kanker usus, juga sumber vitamin C yang berperan dalam pembentukan kolagen.

2. Tomat. Kandungan vitamin A dan likopen dalam tomat merupakan salah satu jenis antioksidan juga. Likopen mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari, dan mencegah keriput. Cairan licin atau jeli berwarna kuning yang terdapat di sekitar biji tomat mengandung senyawa yang manjur untuk melawan stroke dan penyakit jantung. Tomat juga sangat baik sebagai tindakan pencegahan bagi pria, menjaga masalah prostat mereka agar tidak mengganggu kesehatan tubuh

3. Apel. ( An apple a day, keep you away from the dokter), sebuah apel sehari membuat kita jauh dari dokter. Meskipun sebuah apel mengandung vitamin C yang rendah, namun apel adalah antioksidan flavonoid (pigmen tanaman) yang mempertinggi aktivitas vitamin C. Dengan demikian menolong merendahkan resiko terkena kanker usus, serangan jantung dan stroke

4. Melon. Pelega haus paling dingin. Mengandung 92% air, juga dikemas bersama dosis besar dari glutathione yang mendorong system kekebalan tubuh. Melon juga sumber kunci dari lycopene - antioksidan yang memerangi sel kanker. Nutrisi lainnya yang ditemukan dalam melon adalah vitamin C dan potassium. Melon juga mengandung bahan alami SPF yang menjaga kesehatan kulit kita, melindungi kulit kita dari hantaman radiasi sinar matahari.

5. Jambu Merah. Jambu Merah kaya serat yang berguna untuk mencegah sembelit dan sumber vitamin C yang berperan dalam pembentukan kolagen yaitu jaringan yang menyangga kulit.

6. Pepaya. Pepaya sumber karoten yang baik untuk mata, pencernaan serta memperlancar buang air besar. Pepaya juga penghasil beta-crypoxanthin terbaik, yang mampu melindungi tubuh dari serangan kanker paru-paru. Selain itu Pepaya juga mengandung lycopeneyang mampu melindungi serangan beberapa jenis kanker antara lain kanker perut, endometrial, dan prostat.

7. Anggur. Resveratrol yaitu sumber antioksidan ditemukan dalam buah anggur, minuman anggur merah, dan jus anggur ungu. Selama ini anggur merah dianggap paling baik untuk kesehatan jantung. Guna resveratrol adalah melindungi jantung dan membantu mengatur siklus hidup sel dalam tubuh kita, sehingga membantu membuat Anda terlihat awet muda.

8. Telur. Protein yang tinggi dalam telur diperlukan untuk menjaga kesehatan kolagen. Telur juga mengandung biotin yang bermanfaat menjaga kesehatan kelenjar sebaceous, kelenjar yang mengeluarkan minyak untuk menjaga kekenyalan dan kelembaban kulit.

9. Kiwi. Si kecil namun ajaib. Buah ini merupakan sumber potassium, magnesium, vitmin E dan serat. Kandungan vitamin C dua kali lebih banyak daripada jeruk, sehingga baik sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh, mampu mempercepat penyembuhan luka dan mencegah terjadinya bekas luka, mencegah kanker, serta baik untuk kecantikan kulit karena mampu meningkatkan tingkat sintesis kolagen di kulit dalam jumlah yang signifikan. Kolagen adalah jaringan di kulit yang membuat kita tampak muda.


10. Strawberry. Merupakan buah pelindung. Strawberry memiliki total antioksidan yang tinggi di antara banyak jenis buah yang bisa membuat kita awet muda dan melindungi tubuh dari penyebab kanker, membebaskan radikal yang bekerja dalam penyumbatan pembuluh darah. Selain strawberry, buah yang lebih tinggi kandungan antioxidan nya yaitu blueberry (namun tidak dijumpai di sekitar kita, bukan?? ). Blueberry yang memiliki antioksidan tertinggi, sudah sangat dikenal dalam dunia kesehatan. Buah ini mengenyahkan radikal bebas yang menginvasi tubuh kita.

11. Wortel. Wortel adalah sumber beta-karoten, yang berkhasiat sebagai antioksidan yang memerangi radikal bebas, dan meningkatkan kesehatan tubuh, juga membantu menjaga kulit  tetap sehat, lembut, dan halus. Wortel juga berkhasiat untuk kesehatan mata, radang kulit, mencegah kanker, menurunkan kolesterol, mencegah keracunan logam berat, sembelit, asma, masalah gigi, insomnia dan tekanan darah tinggi, serta membantu memperbaiki penampilan rambut dan kuku, mengobati sakit saat buang air kecil, meningkatkan aliran saat menstruasi. Cara terbaik menikmati manfaat wortel dengan memakan mentah.

12. Ikan laut dalam. Seperti, Sarden, Makerel, Salmon, dan Tuna, kaya akan asam lemak esensial omega 3. Asam lemak ini membantu menjaga kehalusan dan kelembaban kulit yang bisa menghambat kulit terbakar karena sinar matahari.


13. Sayuran berdaun hijau. Sayuran seperti peterseli dan bayam membantu menjaga kemudaan kulit, rambut dan mata. Sayuran ini mengandung klorofil, yang melindungi sel dari bakteri dan radikal bebas. Makan selada segar dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah sampai 6 jam setelah dikonsumsi.


14. Minyak zaitun. Minyak ini mengandung asam oleic, vitam E, dan antioksidan yang bermanfaat mencegah kekeringan pada kulit dan menjaganya dari kerusakan karena faktor lingkungan, juga melindungi jantung dan pembuluh darah dari penyumbatan aterosklerosis seiring bertambahnya usia. Suplai oksigen, vitamin, dan mineral ke kulit jadi lebih lancar berkat kerja minyak zaitun, sehingga kulit jadi terlihat awet muda.

15. Ceker Ayam. Ceker ayam adalah sumber kolagen. Kolagen merupakan jaringan yang menyangga kulit didalam lapisan kulit yang dapat mengeluarkan protein dan zat-zat bagi keremajaan kulit. Kolagen sangat baik untuk mempertahankan kondisi kulit agar tetap elastis dan kencang. Ceker ayam juga mengandung Hydroxyapatite yaitu salah satu makanan untuk tulang. Karena itu, mengkomsumsi cakar ayam selain dapat memelihara kekuatan tulang, juga menjaga elastisitas kulit. Kaki ayam juga mengandung zat kapur dan sejumlah mineral, sehingga orang yang menderita rematik dianjurkan makan ceker ayam.

16. Lidah Buaya. Berkhasiat juga untuk menghaluskan kulit, mengatasi jerawat, flek hitam, menyuburkan dan menguatkan rambut, meningkatkan daya tahan tubuh, sakit kepala, pusing, dll. Kandungan Lignin dalam gel lidah buaya mampu meresap ke dalam kulit dan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit, dengan demikian kulit tidak cepat kering dan terjaga kelembabannya.

17. Alpokat. Buah alpukat berkhasiat melembabkan kulit kering, sariawan, dan menurunkan kolesterol (asal tidak pakai gula/madu/susu). Kandungan lemak pada alpukat sangat baik untuk perawatan kulit wajah, terutama untuk kulit kering.

18. Temu Lawak. Rimpang temulawak mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai antiradang, hepatoprotektor (melindungi hati dari kerusakan), dan antibakteri.
Selain itu kurkumin juga berkhasiat untuk meningkatkan stamina, gangguan jerawat, gangguan lambung dan hati, gangguan haid, anemia, dll.

19. Mengkudu. Buah mengkudu mengandung damnachanthal yang berfungsi sebagai antikanker, dan mengandung terpenten yang berfungsi dalam peremajaan sel. Khasiat lainnya untuk meningkatkan stamina, menurunkan kolesterol tinggi, menurunkan hipertensi, menurunkan obesitas, pelembut kulit, menghalau ketombe, mencegah kanker, dll.

20. Labu Siam. Labu siam kaya akan kandungan air, protein, lemak, kalsium, fosfor, dan besi. Labu sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit diabetes, kolesterol tinggi, sembelit, hipertensi, masalah hati dan empedu. Labu dapat meningkatkan produksi sel beta oleh pankreas dan meningkatkan kemampuan tubuh menghasilkan insulin, serta meyembuhan gusi berdarah, dan sariawan. Getah labu siam bisa digunakan untuk menghilangkan garis hitam di tumit.

%%%%%%%%%%

(Dirangkum oleh NS : sebagai pengetahuan, khususnya untuk, ibu-ibu anggota Krida Bhakti Wanita Akprind Yogyakarta, yang tidak sempat browsing)

Kata-kata bijak hari ini :

v Kecantikan adalah keindahan raga, Keikhlasan adalah keindahan jiwa. Keindahan raga tanpa kesehatan prima, hanya menjadi keindahan sesaat !!!! Maka wanita pandai-pandailah !!!!….

v “ Health is not everything, but without it everything is nothing “

9 comments to Sumber makanan terbaik untuk “ Awet Muda “

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>