Tags

Mengolah Sayur Bayam yang benar

Manfaat Bayam :

  • Bayam sebagai sayuran pencegah kanker usus, diabetes, gagal ginjal, rambut rontok, katarak dan rabun senja. Bayam juga mengandung vitamin K yang memiliki khasiat anti penuaan dini, dll.

  • Bayam bukan untuk penderita Asam Urat dan Rhematik, karena bayam mengandung zat purin dengan kadar cukup tinggi yang di dalam tubuh diubah menjadi asam urat. Kondisi dapat memicu kekambuhan penyakit dengan gejala nyeri di persendian tangan dan kaki, dll

Cara mengolah sayur bayam yang benar :

  • Hindari memanasi sayur bayam. Karena bayam mengandung zat besi fe2+ (ferro). Zat besi ini jika terlalu lama kontak dengan udara (O2), akan teroksidasi menjadi fe3+ (ferri). Meski sama-sama zat besi, yang berguna bagi tubuh hanyalah fe2+ (ferro), sedangkan ferri bersifat toxid bagi tubuh, oleh sebab itu tidak boleh memanasi sayur bayam.
  • Hindari mengkonsumsi sayur bayam yang telah dimasak lebih dari 5 jam. Karena bayam juga mengandung nitrat (NO3), zat in akan berubah menjadi nitrit (NO2) yang bersifat racun bagi tubuh, jika teroksidasi dengan udara. Nitrit ini akan semakin banyak ketika sayur bayam makin lama teroksidasi dengan udara, oleh sebab itu jangan pernah meng - konsumsi bayam lebih dari 5 jam..
  • Hindari mengolah sayur bayam menggunakan panci aluminium. Karena unsur bahan aluminium dapat bereaksi dengan zat besi yg ada di bayam dan bersifat toxid / racun.
  • Hindari menyimpan bayam terlalu lama di dilemari es. Sebaiknya pilihlah bayam yg baru dipetik dan langsung dimasak. Karena bayam segar yang baru dicabut dari persemaiannya telah mengandung senyawa nitrit kira-kira sebanyak 5 mg/kg. Bila bayam disimpan di lemari es selama 1 hari saja, diperkirakan senyawa nitrit akan meningkat 21 mg/kg (7%). Oleh sebab itu jangan menyimpan bayam dalam kulkas terlalu lama.

%%%%%%%%%%%%

Quoted by NS, ubtuk ibu-ibu anggota Krida Bhakti Wanita Akprind Yogyakarta, yang tidak sempat browsing dan meringkas.

Sumber :

http://akuinginhijau.org/2008/06/18/bayam-sehat-tapi-harus-tahu-lebih-jauh/

6 comments to Mengolah Sayur Bayam yang benar

  • Dee

    Bagus banget informasinya & penting buat kita smua :)
    Karna yang sering terjadi adalah mengolah bayam dengan cara yang berkebalikan dari yang disarankan diatas…hihihi

    Keep on Writing^^

  • Dear Dee, thanks ya for yr comment.. Sering buka bumbu jadi KBWA dee..boleh dicoba n terbuka utk tanya jawab soal bumbu jadi, he3x..

  • nuzy

    Sebelumnya terimakasih untuk informasinya dan ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan terkait dengan nugget bayam merah yang sering saya buat:
    1. ketika mengolah bayam untuk nugget bayam merah saya kukus, diblender kemudan dicampur dengan bahan2 nugget seperti daging ayam giling dan bumbu2nya…kemudian dibekukan di frezzer apakah pengolahan ini sudah benar?kalau salah bisakah saya disarankan cara yang benar karena anak saya sulit untuk makan bayam merah bila diolah sebagai sayur biasa.
    2.saya ingin mencampur bayam merah dengan sayuran lain ?apakah ada sayuran yang tidak disarankan untuk dicampur bersama bayam?

    terimakasih untuk jawabannya
    salam

  • eliza

    Dear KBWA,
    thanks atas info yang sangat bermanfaat ini. Satu hal yang saya tanyakan: apakah larangan pengolahan tersebut juga berlaku untuk jenis bayam yang tidak dicabut (bayam batang yang biasanya cuma dipotong dari batangnya)?

  • Dear Eliza,,,sepertinyasama saja jeng, lebih baik kita berhati-hati disaat memungkin-kan…

  • Susan Kalisa

    Saya penggemar bayam
    biar kayak Popeye, ijin buat bahan siaran Bunda,
    makasih

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>