Tags

Informasi singkat Menghindari Penyakit Ginjal sejak dini

Mungkinkah Penyakit Ginjal bisa dihindari sejak dini? Jawab : Mungkin..

Sebagian besar penyakit ginjal dapat dicegah sejak dini. Penyakit ginjal muncul kebanyakan karena ulah kita sendiri, mungkin keliru dalam memilih menu harian, membiarkan tidak tercukupinya asupan cairan, sikap kita yang sering menahan berkemih, atau membiarkan satu penyakit metabolik sampai merusak ginjal, dll, dapat memicu tercetusnya penyakit ginjal. Makanya penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh

Apakah kegunaan Ginjal itu?

Fungsi ginjal bertugas menyaring dan mengeluarkan racun maupun kelebihan mineral dari dalam tubuh melalui urin. Ginjal juga berfungsi mengatur tekanan darah. Gangguan pada ginjal dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, fungsi ginjal lainnya dapat mengeluarkan hormon untuk menunjang pembentukan sel darah merah dan menetralkan sifat asam makanan yang dikonsumsi manusia. Bila ginjal terganggu, maka fungsi seluruh organ tubuh akan terganggu.


Bagaimanakah Gejala Penyakit Ginjal itu?

Gejala penyakit ginjal ada dua golongan: Akut dan Kronis.

1. Gejala yang sudah AKUT : Bengkak mata, kaki, nyeri pinggang hebat (kolik), kencing sakit, demam, kencing sedikit, kencing merah /darah, sering kencing. Kelainan Urin: Protein, Darah / Eritrosit, Sel Darah Putih / Lekosit, Bakteri.

2. Gejala penyakit ginjal Kronis : Lemas, tidak ada tenaga, tidak ada nafsu makan, mual, muntah, bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak napas, pucat/anemi. Kelainan urin : Protein, Eritrosit, Lekosit. Kelainan hasil pemeriksaan Lab. lain: Creatinine darah naik, Hb turun, Urin : protein selalu positif.


Siapa saja yang kemungkinan beresiko sakit Ginjal?

Mereka yang berisiko sakit ginjal adalah penderita diabetes, hipertensi, keluarga dengan riwayat penyakit ginjal, perokok, pengguna obat anti inflamasi non steroid (jenis obat anti radang dan anti nyeri), lansia, orang yang kegemukan, penderita infeksi saluran kemih yang berlangsung lama, penderita sakit lupus, dan orang-orang yang terlahir dengan berat badan rendah. Maka sangat penting untuk mempertahankan tekanan darah normal yaitu 120/80 mmHg

Apa saja kira-kira penyebab sakit Ginjal ?
  • Terkontaminasi logam berat, sisa asam yang dihasilkan oleh konsumsi daging, gula, soft drink, dan makanan awetan yang berlebihan, olahraga berlebihan, stress, polusi lingkungan, bahan kimia obat, alkohol, kopi dan rokok, tekanan darah tinggi
  • Adanya komplikasi dari penyakit umum lainnya seperti : Kencing Manis, Hipertensi, Cholesterol tinggi, Penyakit Lupus, Penyakit Kekebalan Tubuh lain, Asam Urat tinggi, TBC, Sifilis, Malaria, Hepatitis, Preeklampsia, Obat-obatan, Amiloidosis, Kehilangan carian banyak yang mendadak: seperti muntaber, perdarahan, luka bakar. Dll.

  • Adanya penyakit lokal pada ginjal itu sendiri seperti : Penyakit pada Saringan, Infeksi, (Pyelonephrits, Ureteritis), kelainan proses di ginjal, Kista di ginjal, Trauma karena benturan, terpukul, Kanker, Sumbatan karena batu, Tumor, Penyempitan dll

Bagaimana cara meenghindari Penyakit Ginjal sejak dini?

A. Bagi individu dengan Ginjal Normal dan tanpa resiko :

1. Mencegah terjadinya Infeksi saluran kemih, antara lain dengan cara :

  • Menjaga kebersihan suasana di sekitar liang kemih agar bibit penyakit tidak mudah memasuki saluran kemih.
  • Jangan terlambat mengganti pembalut haid.
  • Biasakan mencuci tangannya sebelum dan sesudah ke toilet, karena masih banyak yang beranggapan, bahwa tangan mereka tidak menyentuh organ genital, dan menganggap kebersihan tangan tidak masuk dalam aspek higienitas organ wanita.
  • Air pembilas (untuk cebok) harus bersih, kalau bisa dengan air mengalir.
  • Bercebok yang benar adalah dari arah depan (vagina), ke belakang (liang dubur), untuk menghin- dari bibit penyakit yang berasal dari tinja terbawa oleh jari ke liang kemih.
  • Jangan menahan berkemih/kencing

2. Pola hidup sehat, mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang dalam menu harian. Yang harus diperhatikan adalah :

  • Kurangi kebiasaan makan terlalu banyak lemak, garam dan protein. Dalam jangka panjang konsumsi makanan yang terlalu banyak lemak, garam dan protein dapat merusak fungsi ginjal.
  • Hindari konsumsi kalsium yang berlebihan, karena kelebihan kalsium turut mempengaruhi kerusakan ginjal. Dianjurkan agar kalsium dikonsumsi secara seimbang agar kebutuhan untuk  mencegah tulang keropos khususnya pada wanita dan orang tua terpenuhi.

3. Minumlah susu sari kedelai untuk pencegahan penyakit ginjal

4. Hindari dehidrasi, misalnya saat diare / muntaber harus segera diganti cairan yang keluar

5. Konsumsi Air Putih 2L sehari. Hindari konsumsi jamu atau herbal yang tidak jelas, hindari konsumsi obat-obatan secara sembarangan (tanpa resep dokter). Tidak sembarang minum obat terutama obat penghilang nyeri atau sakit

6. Kurangi mengonsumsi vitamin C dosis tinggi (lebih dari 3.000 mg per hari) bagi penderita batu ginjal. Karena Vitamin C dalam tubuh akan diolah menjadi asam oksalat .

7. Berhenti Merokok. Kandungan nikotinnya dalam proses jangka waktu lama akan merusak organ-organ penting tubuh Anda, baik paru-paru, kulit, jantung maupun ginjal

8. Menjaga Berat Badan, hindari obesitas, dan menerapkan gaya hidup sehat.

9. Menjaga Tekanan Darah dalam batas normal atau di bawah kisaran 130/80 mmHg. Sebab kerusakan pembuluh darah akibat tekanan darah yang tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal Waspalah bagi yang berbakat mengidap batu saluran kemih. Mereka perlu melakukan pemeriksaan laboratorium urin (analisa batu kemih) secara berkala, serta memeriksa darah. Bila seseorang yang terkena batu batu ginjal (kalsium oksalat) sebaiknya menghindari bayam, coklat, minuman cola, bir, kacang, strawberry, gandum, kentang. teh dan kopi

10. Bagi mereka yang berbakat asam urat tinggi, perlu memeriksa kadar asam urat darah rutin. Jika meninggi perlu diturunkan dengan obat. Makanan yang menyebabkan batu ginjal, juga menyebabkan asam urat, harus dihindari, seperti jeroan, kambing, emping mlinjo dan sefood. “Bila terpaksa harus memakan makanan tersebut, harus diimbangi dengan minum air putih 2,5 liter per hari,”

11. Bagi penderita kencing manis, kendalikan kadar gula darah agar tetap normal. Kadar gula darah yang tidak terkendali bisa menyebabkan komplikasi pada ginjal.

12. Olah Raga teratur dan tidak terlalu berat, misalnya jalan santai setiap pagi, bersepeda 1-2 jam setiap minggu, berenang. Hindari olahraga yang berbahaya bagi ginjal seperti : taekwondo, karate, dan bela diri lainnya. Hindari terlalu banyak dehidrasi pada saat melakukan aktivitas fisik baik olahraga, maupun bekerja

13. Lakukan General Checkup. Gagal ginjal dapat dicegah melalui pemeriksaan kesehatan secara rutin. Segera datang ke dokter ginjal bila ada keluhan, nyeri pinggul, kencing terasa nyeri, untuk mencegah gangguan ginjal yang semakin parah.

14. Santailah. Cobalah menyisihkan waktu satu jam setiap harinya untuk diri anda sendiri. Anda dapat mengerjakan hobi, membaca buku, mendengarkan musik, atau makan siang sendiri di restoran yang sepi dan nyaman, guna mengurangi stress, yang berakibat hidup sehat dan panjang umur

B). Bagi Individu dengan Ginjal Normal yang secara genetis mempunyai riwayat penyakit ginjal seperti : Batu Ginjal, Ginjal Polikistik, atau penyakit umum seperti : Kencing Manis, Darah Tinggi, kolesterol tinggi, Kegemukan, dan Asam Urat tinggi.

- Kelompok ini harus menghindari dan mencegah kekambuhan penyakit tersebut di atas, dan sering periksa ke dokter / labratorium.


C). Bagi individu dengan Ginjal terganggu ringan /sedang :

- Hati-hati terhadap : obat rematik, antibiotika tertentu, Infeksi harus segera diobati.

- Hindari kekurangan cairan (misal saat muntaber)

- Kontrol secara periodik


Makanan yang harus dibatasi bagi penderita Batu Ginjal / kalsium oksalat adalah makanan yang bisa menyebabkan asam urat juga :

  • Hindari makanan yang menyebabkan asam urat, karena bisa menyebabkan batu ginjal juga, seperti : jeroan, daging kambing, daging sapi, gula, seafood (kerang, udang, teri, cumi), kacang-kacangan, emping melinjo.
  • Kurangi sayuran berwarna hijau (boleh maximum 50gram/hari).
  • Kurangi makan tahu dan tempe (maximum 50gram/hari)
  • Hindari durian, nangka, segala jenis tape yang mengandung gas karena menghambat pembuangan purin dalam tubuh kita. Juga kurangi konsumsi roti karena roti proses dari fermentasi.
  • Hindari minuman cola, soft drink, coklat, bir, teh, kopi .
  • Hindari Makanan yang mengandung zat kimia (pewarna, perasa, pemanis buatan, pelezat, pengawet) sehingga memaksa ginjal bekerja keras untuk membuang racun-racun tersebut dari dalam tubuh
  • Kurangi makan kentang, karena kentang kaya akan kalium. Namun, bagi individu yang mengalami gangguan fungsi ginjal, asupan kalium tersebut sebaiknya dikurangiKurangi makan Belimbing. Belimbing mengandung neuro toksin racun ke syaraf, yang rentan bagi penyandang sakit  Ginjal.

Makanan yang bebas dikonsumsi bagi penderita Batu Ginjal / kalsium oksalat adalah

  • Susu, maximum 2-3 gelas/hari
  • Konsomsi susu sari kedelai, roti gandum

Beberapa gejala penting yang perlu diwaspadai, berkaitan dengan menurunnya daya kerja ginjal yang berpotensi menjadi penyakit gagal ginjal, antara lain :

  • ·Penimbunan Sampah Dalam Darah. Hal ini ditandai dengan kelelahan, sekujur tubuh terasa sakit-sakitan, gatal, kram, mudah lupa, susah tidur, mual-mual, tidak ada nafsu makan, daya tahan tubuh terhadap infeksi sangat berkurang.

  • ·Masalah Keseimbangan Cairan. Penimbunan cairan dengan tanda-tanda pergelangan kaki dan juga wajah membengkak. Sebaliknya, pengeringan cairan bisa ditandai dengan mata yang sangat cekung, mulut kering, hampir tidak ada lendir dalam mulut.
  • Gangguan Hormon. Dengan berkurangnya daya kerja ginjal bisa menyebabkan ginjal menghasilkan lebih banyak hormon. Akibatnya, akan menambah hormon tekanan darah. Sebaliknya, hormon-hormon yang lain menjadi berkurang produksinya. Hal ini menyebabkan tubuh kekurangan darah, lelah dan juga tulang rapuh.

Makanan yang cenderung merusak Ginjal : Ada beberapa makanan yang bisa memperberat kerja ginjal. Akibatnya, ginjal jadi cepat aus dan tidak dapat bekerja secara sempurna, antara lain :

  • Jengkol. Jengkol mengandung jengkolic acid yang bisa menyumbat saluran kencing. Saluran kencing yang tertutup bisa mengakibatkan timbulnya infeksi saluran kemih. Bila tidak ditangani, kondisi demikian akan merambat ke organ ginjal.
  • Obat pelangsing. Konsumsi obat pelangsing yang tidak benar, yakni dengan cara pengurangan cairan di dalam tubuh dalam jumlah besar, turut menyumbang kejadian gagal ginjal. Berat badan memang akan turun akibat dehidrasi karena kencing berlebihan, tetapi fungsi ginjal menjadi terganggu.
  • Obat amfetamin. Obat jenis ini membuat orang sulit tidur, sehingga pembakaran energi berjalan terus. Amfetamin dapat menyempitkan pembuluh darah, sehingga, darah yang bergerak ke ginjal akan berkurang dan ginjal pun kekurangan asupan makanan.
  • Antibiotik dan pereda nyeri. Penggunaan obat pereda nyeri, antibiotika, atau steroid secara terus-menerus dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan sakit ginjal.
  • Obat herbal . Obat maupun suplemen herbal, bikinan dalam negeri maupun impor, ternyata memiliki risiko merusak ginjal, karena obat herbal sekarang banyak yang mengandung obat kimia yang dosisnya tidak terkontrol.


Bagaimana cara pengobatan alami?

  • Daun Sukun segar 6 lembar, terus disemai sampai layu (boleh di potong2 seperti teh, karena lebar, supaya mudah merebusnya). Setelah daun layu, kemudian direbus dengan 2 ltr air menjadi 1 liter. Diminum setiap hari selama 7 hari.

  • Bersihkan ginjal dengan ketimun, bagi yang tidak menderita tekanan darah rendah
  • Minum Rebusan Kumis Kucing. Kandungan kaliumnya berkhasiat diuretik sehingga baik untuk melancarkan pembuangan racun-racun melalui air seni. Kalium dan natrium bekerja sama dan memegang peranan penting dalam pemeliharaan keseimbangan cairan dan elektrolit serta keseimbangan asam-basa di dalam tubuh
  • ·Terapi Jeruk nipis. Sebelum tidur, minum air jeruk nipis 2-3 sendok makan. Langkah ini dipercaya dapat mencegah batu ginjal yang berupa kalsium oksalat karena jeruk nipis mengandung sitrat yang tinggi. Atau setelah bangun tidur, minum 1 gelas air hangat yang diberi beberapa tetes air perasan jeruk nipis (dari 1/3 buah jeruk nipis)
  • Terapi Air. Setelah bangun tidur minum air putih sebanyak-banyaknya. Maka lebih kurang 1 jam kemudian, fase ekskresi urin akan berlangsung (secara otomatis akan timbul keinginan untuk buang air kecil). Dengan terapi air ini, diharapkan cairan tubuh dengan cepat berganti dengan yang baru, sehingga segala zat buangan yang bersifat racun keluar bersama urin.
  • Minum Jus Strawberry, Semangka dan timun. Strawberry mengandung kalium, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, asam folat , serat dan flavanoid. Dikenal khasiatnya dalam mengobati gangguan saluran kemih. Mentimun baik untuk melancarkan saluran pencernaan dan mengobati tekanan darah tinggi. Semangka memiliki khasiat diuretik. Sangat baik diminum tiap hari untuk mem- percepat pemulihan gangguan ginjal . (Strawberry 50 gr, Semangka 100 gr, Mentimun 100 gr).
  • Untuk penyakit ginjal yang ada batunya : Ramuan yang terdiri dari : daun kaca beling ditumbuk halus 25 gram, daun ngokilo 25 gram, daun kumis kucing 25 gram, daun meniran coklat dicabut dengan akarnya 25 gram. Semua bahan ramuan direbus, airnya untuk diminum. Lakukan selama 5 hari berturut-turut, kemudian hentikan selama beberapa hari. Kemudian ulangi buat ramuan lagi. Ramuan ini untuk ginjal yang terdapat kristal batu.
  • Untuk ginjal yang terasa panas karena adanya pembengkakan adalah sbb: daun arbei 20 gram, daun meniran 20 gram, daun duduk 10 gram, daun ungu 10 gram, daun kumis kucing 10 gram, daun sendokan 10 gram, daun ngokilo 10 gram. Semua bahan ini direbus sampai airnya mendidih lantas airnnya disaring diminum selama 5 hari berturut-turut.


%%%%%%%%

(Diringkas oleh NS dari berbagai sumber yang terpercaya : sebagai pengetahuan, khususnya untuk ibu-ibu anggota Krida Bhakti Wanita Akprind-Yogyakarta, yang tidak sempat browsing dan meringkas)

Kata-kata bijak hari ini :

o Hidup Anda tidak akan berubah, jika Anda tidak berubah…

Pekerjaan besar, untuk suatu perubahan besar, selalu membutuhkan pengorbanan yang besar pula…!!!

o Kebahagiaan Anda bukanlah merupakan suatu keajaiban ….

Kebahagiaan Anda adalah “Hasil Karya” ..… dan Andalah penciptanya……

Sumber :

http://mama-ibuindonesia.blogspot.com/2008/02/menghindari-penyakit-ginjal-sejak-dini.html

http://tipsanda.com/2009/06/15/tips-kupas-tuntas-mencegah-penyakit-ginjal/

[sumber: Jakartapress.com]

dll..

6 comments to Informasi singkat Menghindari Penyakit Ginjal sejak dini

  • saya senang sekali membaca berita tentang pencegahan batu ginjal. tapi ada satu yang mau saya tanya tentang gejala yang timbul pada saya selama ini, yaitu sakit pinggang berat,kulit kasar,bagian punggung terasa panas,air kencing berwarna keruh,sering kencing tapi sedikit,malas beraktivitas,
    apakah sudah terjadi kerusakan gagal ginjal pada saya, teriama kasih bpk/ibu,saya minta solusi untuk menceganya.

  • dear tiaris, saran saya, segera ke dokter, cek lab, utk mengetahui dgn pasti. jika sdh terdeteksi, selain pengobatan medis, pengobatan herbal juga bisa dicoba. jgn cemas, segera bertindak, dan coba pahami tulisan sy diatas, pasti semua bs diatasi…semoga cepat sembuh..

  • Selamat Siang. Blogwalking dari Gugel. Nyasar di sini. Saya juga baru bikin blog tentang herbal http://centerfornaturopathic.com. Mohon saran dan kunjungan baliknya ya.

  • terimakasih, pasti nanti kami kunjungi ke website Anda..

  • Met malam. Salam kenal sebelumnya. Ga sengaja mampir kemari dari google dari obat herbal . Numpang baca2 dulu. ^_^

  • nilam

    selamat sore….perkenalkan nama saya nilam. mo tanya, berdasarkan pemeriksaan lab., tante saya divonis dokter sakit ginjal, 1buah ginjalnya jadi layu karena kista, satunya tinggal 40% karena batu ginjal yang diderita. untuk menormalkan kembali apa yang bisa dilakukan ya? tq untuk informasinya, klu bisa via email….:)

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>